Ada pertanyaan? Jangan Sungkan!
20 Judul Skripsi Terbaru untuk Mahasiswa Jurusan Peternakan

20 Judul Skripsi Terbaru untuk Mahasiswa Jurusan Peternakan

Rifainstitute – Dalam menjalani perjalanan akademik, penentuan judul skripsi merupakan tahapan penting bagi mahasiswa jurusan Peternakan. Memilih topik yang relevan dan menarik merupakan kunci kesuksesan dalam menyelesaikan tugas akhir ini.

Oleh karena itu, kami hadirkan puluhan referensi judul skripsi terbaru yang dapat menjadi inspirasi bagi penelitian Anda.

Daftar isi

1. Efektivitas Perendaman Sari Buah Lemon terhadap Kualitas Fisik Daging Itik Manila Afkir

Penelitian ini mengulas tentang efektivitas perendaman sari buah lemon dengan level yang berbeda terhadap kualitas fisik daging itik Manila Afkir (Cairina Moschata).

Baca Juga:  Cara Publikasi Ilmiah / Artikel Ilmiah pada Jurnal Nasional

Dengan fokus pada aspek pemeliharaan dan pengolahan daging, studi ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan teknologi dalam industri peternakan.

2. Tingkat Keberhasilan Inseminasi Buatan pada Sapi Potong Lokal

Melalui faktor-faktor yang mempengaruhinya di Kabupaten Sragen, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keberhasilan inseminasi buatan pada sapi potong lokal.

Hasil studi ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru dalam upaya meningkatkan produktivitas sapi potong lokal di Indonesia.

3. Pengaruh Suplementasi Tepung Cabai Jawa dalam Pakan terhadap Produktivitas Ayam Broiler

Studi ini memfokuskan pada pengaruh suplementasi tepung cabai Jawa dalam pakan terhadap produktivitas ayam broiler, khususnya dalam hal profil darah.

Dengan menggali potensi bahan pakan lokal, diharapkan dapat ditemukan alternatif yang efektif dan efisien dalam meningkatkan produktivitas peternakan ayam broiler.

4. Analisis Kelayakan Usaha Peternak Ayam Ras Petelur di Kabupaten Boul Sulawesi Tengah

Melalui analisis kelayakan usaha, penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang potensi dan tantangan dalam usaha peternakan ayam ras petelur di Kabupaten Boul Sulawesi Tengah.

Dengan demikian, diharapkan dapat memberikan panduan yang berguna bagi para peternak dalam mengembangkan usahanya.

5. Kinerja Reproduksi Induk Kambing Bligon di Kecamatan Anak Ratu Aji, Lampung

Studi ini mengkaji kinerja reproduksi induk kambing Bligon di Kecamatan Anak Ratu Aji, Lampung. Melalui analisis yang komprehensif, diharapkan dapat ditemukan strategi yang tepat dalam meningkatkan kinerja reproduksi kambing Bligon, serta memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan peternakan kambing lokal.

6. Kualitas Fisik dan Kandungan Serat Kasar Jerami Jagung yang Difermentasi menggunakan EM4 dengan Level yang Berbeda

Penelitian ini memfokuskan pada kualitas fisik dan kandungan serat kasar jerami jagung yang difermentasi menggunakan EM4 dengan level yang berbeda.

Baca Juga:  6 Karya Ini Bisa Dijadikan Tugas Akhir Pengganti Skripsi, Apa Saja?

Dengan melibatkan teknologi fermentasi, diharapkan dapat ditemukan metode yang efektif dalam meningkatkan kualitas pakan ternak dari bahan lokal.

7. Pengaruh Penambahan Ragi Tape pada Ransum terhadap Berat Karkas dan Persentase Lemak Abdominal Ayam Pedaging

Studi ini mengkaji pengaruh penambahan ragi tape pada ransum terhadap berat karkas dan persentase lemak abdominal ayam pedaging.

Melalui pendekatan praktis, diharapkan dapat ditemukan solusi yang dapat meningkatkan kualitas daging ayam pedaging secara efisien.

8. Analisis Dampak Virus African Swine Fever (ASF) terhadap Produksi dan Pendapatan Rumah Tangga Ternak Babi

Dalam konteks pemberantasan penyakit ASF, studi ini bertujuan untuk menganalisis dampak virus African Swine Fever (ASF) terhadap produksi dan pendapatan rumah tangga ternak babi.

Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang dampak penyakit ini, diharapkan dapat dikembangkan strategi pencegahan yang efektif.

9. Analisis Potensi Kecukupan Pakan Ternak dan Dinamika Populasi Kambing di Kabupaten Ngawi

Penelitian ini mengkaji potensi kecukupan pakan ternak dan dinamika populasi kambing di Kabupaten Ngawi. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor lingkungan dan sosial ekonomi, diharapkan dapat dikembangkan kebijakan yang berkelanjutan dalam pengelolaan sumber daya peternakan.

10. Analisis Usaha Domba Qurban di Kampung Ternak Jogja

Studi ini bertujuan untuk menganalisis usaha domba qurban di Kampung Ternak Jogja. Dengan memperhatikan peran serta masyarakat dalam menjaga keberlangsungan usaha ini, diharapkan dapat ditemukan strategi yang memperkuat potensi pasar domba qurban secara lokal maupun nasional.

11. Sumbangan Usaha Ternak Ayam Pedaging terhadap Pendapatan Peternak di Usaha Dagang Tajam Poultry Shop Singosari Malang

Studi ini mengeksplorasi sumbangan usaha ternak ayam pedaging terhadap pendapatan peternak di Usaha Dagang Tajam Poultry Shop Singosari Malang.

Melalui analisis yang komprehensif, diharapkan dapat diidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan peternak serta strategi yang dapat meningkatkan efisiensi usaha ternak ayam pedaging.

Baca Juga:  Portal Garuda Jurnal Kebidanan: Sumber Tepat untuk Penelitian Kebidanan yang Komprehensif!

12. Analisis Efisiensi Ekonomi Usaha Ternak Ayam Pedaging di PT. Nusantara Unggas Jaya Pola Pir di Kabupaten Malang

Penelitian ini mengkaji efisiensi ekonomi usaha ternak ayam pedaging di PT. Nusantara Unggas Jaya Pola Pir di Kabupaten Malang.

Dengan memperhatikan aspek manajemen dan operasional, diharapkan dapat diidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi efisiensi usaha dan memberikan rekomendasi untuk peningkatan produktivitas.

13. Pengaruh Penambahan Ragi Tape pada Ransum terhadap Berat Karkas, Persentase Karkas, dan Berat Ternak Abnormal serta Persentase Lemak Abdominal Ayam Pedaging

Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penambahan ragi tape pada ransum terhadap berat karkas, persentase karkas, berat ternak abnormal, dan persentase lemak abdominal ayam pedaging.

Dengan memperhatikan aspek nutrisi dan kesehatan ternak, diharapkan dapat dikembangkan strategi pakan yang optimal untuk meningkatkan kualitas daging ayam.

14. Analisis Perubahan Harga Bibit dan Pakan terhadap Penawaran Produk Ayam Pedaging di Kota Malang

Penelitian ini mengkaji dampak perubahan harga bibit dan pakan terhadap penawaran produk ayam pedaging di Kota Malang.

Dengan mempertimbangkan faktor ekonomi dan kebijakan pemerintah, diharapkan dapat diidentifikasi strategi yang efektif dalam menjaga stabilitas pasokan dan harga produk ternak.

15. Pengaruh Pemberian Ekstrak Tapak Dara (Catha Ranthus Roseus) terhadap Konsumsi, Pertambahan Bobot Badan, Konversi Pakan, dan Efisiensi Pada Ayam Pedaging Jantan Strain CP 707

Studi ini mengevaluasi pengaruh pemberian ekstrak tapak dara (Catha Ranthus Roseus) terhadap konsumsi, pertambahan bobot badan, konversi pakan, dan efisiensi pada ayam pedaging jantan strain CP 707.

Dengan memperhatikan potensi tanaman obat lokal, diharapkan dapat ditemukan alternatif pakan yang ramah lingkungan dan efektif dalam meningkatkan produktivitas ayam pedaging.

16. Pengaruh Tingkat Pemberian Enzim Selulase pada Isi Rumen Sapi terhadap Nilai Energi Metabolis Semu Terkoreksi Nitrogen (AMEN) Ayam Pedaging dengan Jenis Kelamin – 96

Penelitian ini mengkaji pengaruh tingkat pemberian enzim selulase pada isi rumen sapi terhadap nilai energi metabolis semu terkoreksi nitrogen (AMEN) ayam pedaging dengan jenis kelamin – 96.

Dengan mempertimbangkan interaksi antara nutrisi dan pencernaan, diharapkan dapat ditemukan strategi pakan yang dapat meningkatkan efisiensi pemanfaatan nutrisi pada ternak ayam.

17. Pengaruh Penggunaan Bungkil Biji Kapar dalam Konsentrat terhadap Tingkat Penyerapan Kalsium pada Ransum Sapi Potong Peranakan Ongoe

Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan bungkil biji kapar dalam konsentrat terhadap tingkat penyerapan kalsium pada ransum sapi potong peranakan Ongoe.

Dengan memperhatikan aspek nutrisi dan metabolisme ternak, diharapkan dapat ditemukan alternatif pakan yang dapat meningkatkan kesehatan tulang dan pertumbuhan sapi potong.

18. Pemeliharaan Burung Walet (Collo Calia) di Daerah Kehutanan: Studi Faktor-Faktor Lingkungan Mikro dan Makro yang Mempengaruhi Produksi di Kabupaten Blora, Jawa Tengah

Penelitian ini mengkaji pemeliharaan burung walet (Collo Calia) di daerah kehutanan, khususnya faktor-faktor lingkungan mikro dan makro yang mempengaruhi produksi di Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Dengan mempertimbangkan aspek ekologi dan manajemen habitat, diharapkan dapat dikembangkan strategi pemeliharaan yang berkelanjutan dan menguntungkan bagi peternak burung walet.

19. Pengaruh Penggunaan Larutan Kapur dan Lama Penyimpanan Suhu Kamar terhadap pH dan Kadar Air Telur Ayam Petelur Strain Loghman

Studi ini mengkaji pengaruh penggunaan larutan kapur dan lama penyimpanan suhu kamar terhadap pH dan kadar air telur ayam petelur strain Loghman.

Dengan memperhatikan kualitas telur sebagai produk ternak, diharapkan dapat ditemukan metode penyimpanan yang tepat untuk mempertahankan kualitas dan kesegaran telur.

20. Pengaruh Varietas Murbei (Morus Sp) terhadap Daya Tahan Hidup Ulat Sutera (Bomby X Mori) Produksi dan Kualitas Kokon

Penelitian ini mengkaji pengaruh variasi varietas murbei (Morus Sp) terhadap daya tahan hidup ulat sutera (Bomby X Mori) serta produksi dan kualitas kokon.

Dengan memperhatikan interaksi antara tanaman pakan dan kualitas hasil produksi, diharapkan dapat dikembangkan strategi pemilihan varietas tanaman yang mendukung industri sutera yang berkelanjutan.

Dengan adanya beragam referensi judul skripsi terbaru ini, diharapkan mahasiswa jurusan Peternakan dapat menemukan topik yang sesuai dengan minat dan potensi penelitian mereka.

Semoga dengan upaya penelitian yang mendalam, akan lahir inovasi dan kontribusi nyata bagi perkembangan industri peternakan di Indonesia. Rifainstitute

Jangan Lupa Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan Kami

Order Layanan Cepat