Ada pertanyaan? Jangan Sungkan!
5 Contoh Jurnal Ilmiah, Definisi, Ragam, dan Manfaatnya

5 Contoh Jurnal Ilmiah, Definisi, Ragam, dan Manfaatnya

Ketika memasuki dunia perkuliahan, istilah “jurnal ilmiah” sudah tidak asing lagi. Mengetahui contoh jurnal merupakan hal penting ketika berada di lingkungan perkuliahan. Tak hanya bagi mahasiswa, dosen dan peneliti pun sudah akrab dengan istilah tersebut.

Jurnal ilmiah berbeda dengan paper atau artikel ilmiah. Jurnal ilmiah merujuk pada publikasi yang memuat artikel-artikel ilmiah di dalamnya.

Untuk memahami jurnal ilmiah lebih lanjut, mari kita simak definisi, ragam, fungsi, dan contoh-contohnya berikut ini.

A. Definisi Jurnal Ilmiah

Menurut Gunawan Suryoputro dkk, dalam bukunya “Menulis Artikel Ilmiah,” jurnal ilmiah adalah publikasi berkala yang diterbitkan oleh organisasi profesi atau lembaga akademik. Jurnal ini berisi artikel-artikel yang berhubungan dengan pemikiran ilmiah, baik hasil penelitian empiris maupun hasil pemikiran logis, di bidang ilmu tertentu.

Jurnal ilmiah berfungsi sebagai wadah komunikasi antara anggota disiplin ilmu tertentu. Artikel-artikel yang dimuat dalam jurnal ilmiah harus sesuai dengan minat dan kepentingan khusus karena dibaca oleh para anggota masyarakat yang berdisiplin ilmu serupa.

Jurnal ilmiah adalah kumpulan artikel ilmiah (research articles), yang merupakan laporan sistematis mengenai hasil penelitian atau kajian tertentu. Laporan ini harus mengikuti struktur dan format yang berlaku dalam jurnal ilmiah.

B. Ragam Jurnal Ilmiah

Jurnal ilmiah memiliki berbagai ragam yang disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut adalah beberapa jenis jurnal ilmiah:

Baca Juga:  Cara Menghindari Desk Rejection Saat Mengirimkan Jurnal Ilmiah

1. Jurnal Penelitian

Jurnal penelitian adalah jenis jurnal ilmiah yang berisi laporan hasil penelitian yang telah dilakukan secara ilmiah.

Mayoritas jurnal penelitian dapat dipertanggungjawabkan keilmiahannya melalui metode yang digunakan dalam proses penelitian dan penyusunan laporan.

2. Jurnal Cetak

Jurnal cetak adalah jenis jurnal ilmiah yang ditulis oleh satu atau sekelompok peneliti dan dipublikasikan dalam bentuk cetak.

Kehadiran jurnal cetak sekarang telah digantikan oleh jurnal online atau e-journal, yang didukung oleh perkembangan teknologi yang pesat.

3. Jurnal Online (e-journal)

Jurnal online, atau juga dikenal sebagai jurnal elektronik (e-journal), adalah jenis jurnal ilmiah yang dipublikasikan melalui internet.

E-journal umumnya dapat diakses secara gratis, tetapi beberapa e-journal hanya dapat diakses setelah berlangganan. Keberadaan jurnal online telah memudahkan akses ke jurnal ilmiah bagi masyarakat.

4. Jurnal Nasional

Jurnal nasional adalah salah satu jenis jurnal ilmiah. Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, jurnal nasional adalah publikasi ilmiah tingkat nasional yang menjadi petunjuk perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Penerbitan jurnal nasional di Indonesia biasanya dilakukan oleh lembaga yang terkait dengan penelitian dan pengembangan. Perguruan tinggi di Indonesia sering menerbitkan jurnal nasional sebagai indikator kemajuan mereka dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi.

5. Jurnal Internasional

Jurnal ilmiah internasional adalah jenis jurnal yang ditulis dan diterbitkan dalam skala internasional. Jurnal ini harus memenuhi standar keilmuan internasional.

Naskah jurnal internasional juga menggunakan bahasa internasional seperti bahasa Inggris, Perancis, Arab, Cina, dan Rusia. Melalui penulisan jurnal internasional, penulis dapat menyajikan temuan baru kepada para ahli di tingkat internasional.

6. Jurnal Internasional Bereputasi

Jurnal internasional bereputasi adalah jenis jurnal ilmiah yang memenuhi kriteria jurnal internasional dan terdaftar dalam database internasional.

Baca Juga:  Portal Garuda Jurnal Pendidikan: Informasi Lengkap dan Terpercaya!

Untuk terdaftar dalam lembaga pengindeks bereputasi, jurnal internasional bereputasi harus melalui proses indeksasi dan verifikasi oleh lembaga seperti Thomson Reuter dan Copernicus, DOAJ, CrossRef (jurnal tingkat sedang), dan SCOPUS (jurnal tingkat tinggi).

C. Manfaat Jurnal Ilmiah

Jurnal ilmiah memiliki berbagai manfaat, terutama dalam konteks akademik. Berikut adalah beberapa manfaat jurnal ilmiah:

  1. Sarana komunikasi akademik antara peneliti.
  2. Pengembangan budaya akademik di perguruan tinggi.
  3. Pertukaran informasi untuk menghasilkan ide-ide baru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Penyebaran hasil penelitian melalui diseminasi.

D. 5 Contoh Jurnal Ilmiah

Berikut adalah 5 contoh jurnal ilmiah nasional dan internasional yang dapat dibaca:

1. Journal of Medical and Health Studies

Journal of Medical and Health Studies (JMHS) adalah jurnal ilmiah internasional di bidang kesehatan. Jurnal ini memiliki akses terbuka, telah terindeks, melalui proses peer-review, dan tersedia dalam versi cetak dan online. JMHS diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Al-Kindi.

Journal of Medical and Health Studies bertujuan untuk mempublikasikan penelitian asli yang meningkatkan pengetahuan ilmiah di bidang kesehatan dan memberikan kontribusi penting dalam bidang kedokteran.

2. INVEST-Jurnal Hukum Islam dan Hukum Ekonomi

Jurnal INVEST berfokus pada hukum ekonomi Islam. Jurnal ini memuat penelitian lapangan, hasil penelitian literatur, serta kajian komprehensif hukum ekonomi Islam di Asia Tenggara.

Jurnal ini menerbitkan artikel asli yang berkaitan dengan isu-isu internasional terkini dan

tren dalam hukum ekonomi Islam dengan tujuan meningkatkan pemahaman teoritis dan praktis mengenai hukum ekonomi Islam. Jurnal INVEST terbit setiap bulan Juli dan Desember.

3. International Journal of Linguistics, Literature, and Translation

International Journal of Linguistics, Literature, and Translation (JLLT) adalah jurnal peer-review dengan akses terbuka. Jurnal ini menerbitkan artikel yang terkait dengan isu-isu linguistik, sastra, dan penelitian terjemahan.

Baca Juga:  Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Ada Banyak, Silahkan Pilih!

International Journal of Linguistics, Literature, and Translation (JLTT) diterbitkan secara bulanan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Al-Kindi.

4. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran

Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran adalah jurnal yang berfokus pada penyediaan ilmu pengetahuan dalam bidang pengajaran dan pendidikan. Jurnal ini bertujuan membantu para pendidik dalam meningkatkan efektivitas pengajaran.

Jurnal ini memuat artikel yang menggabungkan langkah-langkah psikofisiologis, pembelajaran, dan instruksi untuk memahami perilaku siswa di kelas.

Itulah 5 contoh jurnal ilmiah, pengertian, jenis, dan manfaatnya yang perlu diketahui sebelum menyusun jurnal ilmiah. Semoga informasi ini bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan Kami

Order Layanan Cepat