Ada pertanyaan? Jangan Sungkan!
Cara Menghindari Desk Rejection Saat Mengirimkan Jurnal Ilmiah

Cara Menghindari Desk Rejection Saat Mengirimkan Jurnal Ilmiah

Rifainstitute – Apakah Anda pernah mengalami desk rejection? Desk rejection adalah penolakan jurnal ilmiah oleh editor tanpa melalui proses peer review. Desk rejection bisa sangat mengecewakan dan merugikan, karena Anda telah menghabiskan banyak waktu dan usaha untuk menulis jurnal tersebut.

Desk rejection bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti:

  • Jurnal tidak sesuai dengan ruang lingkup atau standar kualitas jurnal yang dituju
  • Jurnal memiliki format, gaya, atau bahasa yang tidak sesuai dengan pedoman penulisan jurnal yang dituju
  • Jurnal memiliki kesalahan ejaan, tata bahasa, atau kutipan yang fatal
  • Jurnal memiliki plagiarisme atau duplikasi dengan jurnal lain
  • Jurnal tidak memiliki nilai ilmiah atau kontribusi yang signifikan bagi bidang ilmu yang bersangkutan

Untuk menghindari desk rejection, Anda perlu melakukan persiapan matang sebelum mengirimkan jurnal ilmiah Anda. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

1. Pilih Jurnal yang Sesuai dengan Jurnal Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih jurnal yang sesuai dengan jurnal Anda. Anda bisa mencari jurnal yang memiliki ruang lingkup, tujuan, sasaran, dan kriteria yang cocok dengan jurnal Anda.

Anda juga bisa mempertimbangkan faktor-faktor lain, seperti reputasi, indeksasi, faktor dampak, biaya publikasi, dan waktu proses jurnal.

Anda bisa menggunakan berbagai sumber untuk mencari jurnal yang sesuai, seperti:

  • Database jurnal, seperti Scopus, Web of Science, DOAJ, dll.
  • Mesin pencari jurnal, seperti Journal Finder, Journal Guide, Edanz Journal Selector, dll.
  • Rekomendasi dari dosen, kolega, atau reviewer jurnal Anda
  • Referensi dari jurnal-jurnal yang Anda kutip atau yang berkaitan dengan jurnal Anda
Baca Juga:  10 Tips Mengelola Waktu untuk Mengerjakan Skripsi, Nomor 3 Ampuh Banget!

2. Pelajari Pedoman Penulisan Jurnal yang Ditargetkan

Setelah Anda menemukan jurnal yang sesuai, Anda perlu mempelajari pedoman penulisan jurnal yang ditargetkan. Pedoman penulisan jurnal adalah aturan-aturan yang harus Anda ikuti saat menulis jurnal Anda, seperti format, gaya, bahasa, panjang, struktur, kutipan, referensi, dll.

Anda bisa menemukan pedoman penulisan jurnal di situs web jurnal yang dituju, biasanya di bagian “Instructions for Authors” atau “Guide for Authors”.

Anda harus membaca dan memahami pedoman penulisan jurnal dengan teliti, dan mengaplikasikannya pada jurnal Anda dengan benar.

3. Periksa Kembali Jurnal Anda Sebelum Mengirimkan

Sebelum Anda mengirimkan jurnal Anda, Anda perlu memeriksa kembali jurnal Anda dengan cermat. Anda bisa menggunakan berbagai cara untuk memeriksa jurnal Anda, seperti:

  • Membaca ulang jurnal Anda dengan keras atau diam-diam, dan memperhatikan apakah ada kesalahan ejaan, tata bahasa, atau kutipan yang perlu diperbaiki
  • Menggunakan alat bantu pengecekan jurnal, seperti Grammarly, Turnitin, Mendeley, dll.
  • Meminta bantuan orang lain, seperti dosen, kolega, atau editor profesional, untuk membaca dan memberi masukan pada jurnal Anda
  • Membandingkan jurnal Anda dengan jurnal-jurnal yang telah dipublikasikan di jurnal yang dituju, dan melihat apakah ada perbedaan atau kekurangan yang perlu diperbaiki

4. Siapkan Berkas dan Dokumen Pendukung

Selain jurnal Anda, Anda juga perlu menyiapkan berkas dan dokumen pendukung yang diperlukan oleh jurnal yang dituju. Berkas dan dokumen pendukung adalah file-file yang harus Anda lampirkan saat mengirimkan jurnal Anda, seperti:

  • Surat pengantar, yang berisi latar belakang, tujuan, dan kontribusi jurnal Anda, serta alasan mengapa Anda memilih jurnal tersebut
  • Surat pernyataan, yang berisi pernyataan bahwa jurnal Anda adalah hasil karya asli Anda, tidak sedang dipertimbangkan oleh jurnal lain, dan tidak memiliki konflik kepentingan
  • Data penelitian, yang berisi data mentah, analisis, atau kode yang mendukung jurnal Anda
  • Gambar, tabel, grafik, atau visual lain yang relevan dengan jurnal Anda
Baca Juga:  5 Contoh Jurnal Ilmiah, Definisi, Ragam, dan Manfaatnya

Anda harus memastikan bahwa berkas dan dokumen pendukung Anda memiliki format, ukuran, dan nama yang sesuai dengan pedoman penulisan jurnal yang dituju.

5. Ikuti Prosedur Pengiriman Jurnal dengan Benar

Setelah Anda menyiapkan semua yang dibutuhkan, Anda bisa mengirimkan jurnal Anda dengan mengikuti prosedur pengiriman jurnal yang ditetapkan oleh jurnal yang dituju.

Prosedur pengiriman jurnal adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan saat mengirimkan jurnal Anda, seperti:

  • Mendaftar dan masuk ke sistem pengiriman jurnal online, seperti Editorial Manager, ScholarOne, EVISE, dll.
  • Mengisi formulir pengiriman jurnal, yang berisi informasi tentang jurnal Anda, seperti judul, abstrak, kata kunci, penulis, afiliasi, dll.
  • Mengunggah berkas dan dokumen pendukung yang telah Anda siapkan sebelumnya
  • Menyelesaikan dan mengonfirmasi pengiriman jurnal Anda

Anda harus memastikan bahwa Anda mengikuti prosedur pengiriman jurnal dengan benar, dan tidak melewatkan atau salah mengisi bagian apapun.

Desk rejection adalah penolakan jurnal ilmiah oleh editor tanpa melalui proses peer review. Desk rejection bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti ketidaksesuaian, kesalahan, plagiarisme, atau kurangnya nilai ilmiah jurnal.

Untuk menghindari desk rejection, Anda perlu melakukan persiapan matang sebelum mengirimkan jurnal ilmiah Anda.

Anda bisa melakukan beberapa tips, seperti memilih jurnal yang sesuai, mempelajari pedoman penulisan jurnal, memeriksa kembali jurnal Anda, menyiapkan berkas dan dokumen pendukung, dan mengikuti prosedur pengiriman jurnal dengan benar.

Dengan melakukan tips-tips di atas, Anda bisa meningkatkan peluang jurnal Anda untuk lolos dari desk rejection, dan masuk ke tahap peer review.

Semoga artikel menghindari desk rejection ini bermanfaat dan membantu Anda dalam menulis dan mengirimkan jurnal ilmiah Anda. Selamat mencoba! Rifainstitute

Jangan Lupa Ikuti Mereka di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan Kami

Order Layanan Cepat