Ada pertanyaan? Jangan Sungkan!
Cara Publikasi Jurnal di Portal Garuda

Cara Publikasi Jurnal di Portal Garuda

Rifainstitute.com – Portal Garuda (Garba Rujukan Digital) telah menjadi gerbang yang penting bagi penelusuran, indeksasi, abstraksi, monitoring, dan peningkatan standar kualitas publikasi ilmiah di Indonesia. Dikembangkan oleh The Indonesian Publication Index (IPI), Portal Garuda hadir untuk memberikan kemudahan kepada para pengelola jurnal dan pengguna referensi ilmiah dalam kepentingan akademis dan riset.

Pemanfaatan Portal Garuda oleh pengelola jurnal ilmiah nasional telah menjadi sarana penting untuk mempromosikan dan memperluas jangkauan distribusi jurnal di seluruh penjuru negeri dan juga di luar negeri. Dengan mengindekskan jurnal di Portal Garuda, sitasi atau kutipan terhadap jurnal tersebut dapat meningkat, yang merupakan salah satu ukuran kualitas jurnal. Bagi pengunjung atau pengguna, kehadiran Portal Garuda memberikan manfaat yang besar dengan memudahkan akses ke berbagai referensi melalui satu pintu portal yang lengkap.

Untuk menjadikan sebuah jurnal terindeks di Portal Garuda, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Pertama, jurnal tersebut harus terdaftar di Indonesia dan memiliki nomor ISSN. Selain itu, jurnal yang akan diindeks harus sudah diterbitkan setidaknya satu kali dengan jumlah artikel minimal lima buah.

Cara Publikasi Jurnal di Portal Garuda

Berikut adalah cara publikasi jurnal di portal garuda yang harus dilalui dalam mengindekskan sebuah jurnal di Portal Garuda:

  1. Buka situs Portal Garuda di http://garuda.ristekbrin.go.id/ dan pilih opsi “Suggest”, atau langsung akses link http://garuda.ristekbrin.go.id/suggest. Anda akan melihat tampilan berikut:
  2. Isilah formulir yang ada pada halaman “Suggest” dengan lengkap, sesuai dengan data jurnal yang akan diindeks di Portal Garuda. Setelah selesai, klik “Submit My Suggestion”.
  3. Jika pengisian formulir berhasil, Anda akan menerima email dari portalgaruda.org sebagai konfirmasi bahwa permohonan indeksasi telah diterima.
  4. Selanjutnya, Anda perlu menunggu evaluasi dari tim pengelola Portal Garuda IPI untuk mendapatkan keputusan terkait permohonan indeksasi. Tim pengelola IPI memiliki wewenang penuh dalam memutuskan apakah permohonan akan diterima atau ditolak sesuai dengan standar dan ketentuan yang telah ditetapkan.
  5. Keputusan terkait penerimaan atau penolakan jurnal akan dikomunikasikan melalui email dalam waktu 2-3 hari kerja.

Perlu diketahui bahwa jurnal-jurnal yang telah menggunakan sistem informasi manajemen jurnal secara daring (online), terutama yang telah mendukung Open Archive Initiative (OAI) seperti OJS PKP (Open Journal System), akan menjadi prioritas dalam proses indeksasi.

Jika permohonan indeksasi jurnal diterima, pihak pengelola IPI akan segera memasukkan jurnal tersebut ke dalam database IPI. Bagi jurnal yang telah menggunakan sistem OJS PKP, pihak IPI akan mengambil data terbitan secara semi otomatis. Namun, bagi jurnal yang belum atau tidak mendukung OAI, pengelola jurnal diharuskan untuk mengirimkan metadata setiap terbitan secara manual kepada pihak pengelola IPI.

Baca Juga:  Cara Mencari Sumber Rujukan untuk Skripsi, Tesis, dan Disertasi

Peran Portal Garuda dalam Pengembangan Riset di Indonesia

Pengembangan riset dan publikasi ilmiah yang berkualitas merupakan hal yang sangat penting dalam mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Untuk mencapai hal ini, perlu adanya sarana yang mempermudah akses terhadap informasi dan referensi ilmiah yang relevan. Salah satu sarana yang telah menjadi gerbang penelusuran ilmiah yang penting di Indonesia adalah Portal Garuda.

Portal Garuda, juga dikenal sebagai Garba Rujukan Digital, merupakan sebuah platform yang dikembangkan oleh The Indonesian Publication Index (IPI) dengan tujuan untuk meningkatkan standar kualitas publikasi ilmiah di Indonesia. Portal ini menyediakan berbagai layanan seperti penelusuran, indeksasi, abstraksi, dan monitoring terhadap jurnal-jurnal ilmiah yang terdaftar di dalamnya. Keberadaan Portal Garuda memudahkan pengelola jurnal dan pengguna referensi ilmiah dalam mencari dan mengakses informasi yang relevan untuk kepentingan akademis dan riset.

Peran Portal Garuda dalam pengembangan riset di Indonesia sangatlah penting. Para pengelola jurnal ilmiah nasional dapat memanfaatkan Portal Garuda sebagai sarana untuk mempromosikan dan memperluas jangkauan distribusi jurnal mereka ke seluruh pelosok negeri maupun di luar negeri. Dengan mengindekskan jurnal-jurnal tersebut di Portal Garuda, visibilitas dan citasi jurnal-jurnal tersebut dapat meningkat, sehingga memberikan pengakuan yang lebih besar terhadap kualitas publikasi ilmiah di Indonesia. Hal ini menjadi salah satu tolak ukur penting dalam penilaian kualitas sebuah jurnal.

Bagi para pengunjung atau pengguna Portal Garuda, kehadiran platform ini memberikan manfaat yang besar. Mereka dapat dengan mudah mengakses referensi ilmiah melalui satu pintu portal yang lengkap. Dengan adanya fasilitas penelusuran dan indeksasi yang disediakan oleh Portal Garuda, para peneliti, akademisi, dan mahasiswa dapat menjalankan riset mereka dengan lebih efektif dan efisien. Mereka dapat menemukan artikel-artikel ilmiah terkini, membaca abstraksi dari jurnal-jurnal yang relevan, dan memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang topik-topik riset yang sedang mereka teliti.

Untuk mengindekskan sebuah jurnal di Portal Garuda, terdapat beberapa tahapan yang perlu dilalui. Pertama, pengelola jurnal harus membuka situs Portal Garuda dan memilih opsi “Suggest” atau “Saran”. Selanjutnya, pengelola jurnal perlu mengisi formulir yang ada pada halaman “Suggest” dengan lengkap sesuai dengan data jurnal yang akan diindeks di Portal Garuda. Setelah mengisi formulir, pengelola jurnal dapat mengirimkan permohonan indeksasi melalui tombol “Submit My Suggestion”. Setelah itu, pengelola jurnal harus menunggu evaluasi dari tim pengelola Portal Garuda IPI untuk menentukan apakah permohonan indeksasi diterima atau ditolak.

Baca Juga:  Jurnal Sinta 5 dan 6

Keputusan terkait penerimaan atau penolakan jurnal akan dikomunikasikan kepada pengelola melalui email dalam waktu 2-3 hari kerja. Jurnal-jurnal yang telah menggunakan sistem informasi manajemen jurnal secara daring, terutama yang telah mendukung Open Archive Initiative (OAI) seperti OJS PKP (Open Journal System), akan menjadi prioritas dalam proses indeksasi. Bagi jurnal-jurnal yang belum atau tidak mendukung OAI, pengelola jurnal diharuskan untuk mengirimkan metadata setiap terbitan secara manual kepada pihak pengelola IPI.

Dengan begitu, Portal Garuda berperan sebagai gerbang penelusuran ilmiah yang memberikan manfaat besar dalam pengembangan riset di Indonesia. Dengan meningkatnya jumlah jurnal yang terindeks di Portal Garuda, diharapkan peningkatan kualitas publikasi ilmiah dan reputasi para peneliti Indonesia dapat semakin dikenal di tingkat nasional maupun internasional.

Indeksasi di Portal Garuda

Sitasi atau kutipan jurnal merupakan salah satu indikator penting dalam menilai kualitas dan dampak sebuah publikasi ilmiah. Semakin banyak sitasi yang diterima oleh sebuah jurnal, semakin diakui dan berpengaruhlah jurnal tersebut di komunitas ilmiah. Oleh karena itu, para peneliti dan pengelola jurnal perlu memperhatikan strategi yang efektif untuk meningkatkan sitasi jurnal mereka. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah dengan mengindeks jurnal di Portal Garuda.

Portal Garuda, sebagai gerbang penelusuran dan indeksasi jurnal ilmiah di Indonesia, memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan visibilitas dan citasi jurnal. Dengan mengindekskan jurnal di Portal Garuda, jurnal tersebut dapat diakses oleh ribuan peneliti, akademisi, dan mahasiswa yang menggunakan Portal Garuda sebagai sumber referensi mereka. Dengan demikian, peluang untuk mendapatkan sitasi dari para peneliti yang menggunakan jurnal tersebut sebagai referensi dalam penelitian mereka menjadi lebih besar.

Proses indeksasi jurnal di Portal Garuda relatif mudah dilakukan. Pengelola jurnal perlu mengunjungi situs Portal Garuda dan memilih opsi “Suggest” atau “Saran”. Selanjutnya, pengelola jurnal harus mengisi formulir yang tersedia dengan lengkap, mencantumkan data jurnal yang akan diindeks di Portal Garuda. Setelah formulir diisi, pengelola jurnal dapat mengirimkan permohonan indeksasi melalui tombol “Submit My Suggestion”. Permohonan tersebut akan dievaluasi oleh tim pengelola Portal Garuda IPI, yang akan memutuskan apakah jurnal tersebut layak untuk diindeks atau tidak.

Mengindekskan jurnal di Portal Garuda memiliki beberapa manfaat dalam meningkatkan sitasi jurnal. Pertama, dengan terindeksnya jurnal di Portal Garuda, jurnal tersebut akan lebih mudah ditemukan oleh peneliti dan akademisi yang mencari literatur terkait dalam bidang studi mereka. Ini akan meningkatkan peluang jurnal tersebut untuk dijadikan referensi dalam penelitian mereka, yang kemudian berpotensi mendapatkan sitasi.

Selain itu, Portal Garuda memiliki reputasi yang baik sebagai sumber referensi ilmiah yang terpercaya di Indonesia. Dengan terindeksnya jurnal di Portal Garuda, hal ini memberikan kepercayaan tambahan kepada peneliti lain untuk mengutip jurnal tersebut dalam publikasi mereka. Citasi yang diberikan oleh peneliti lain secara tidak langsung meningkatkan reputasi dan pengaruh jurnal tersebut di komunitas ilmiah.

Baca Juga:  Cara Publikasi Ilmiah / Artikel Ilmiah pada Jurnal Nasional

Selanjutnya, Portal Garuda juga merupakan pintu gerbang yang memungkinkan jurnal-jurnal terindeks di dalamnya untuk dapat diakses oleh peneliti di tingkat nasional dan internasional. Hal ini membuka peluang bagi jurnal tersebut untuk dikenal oleh peneliti dari berbagai negara dan mendapatkan sitasi dari peneliti di luar Indonesia. Dengan demikian, indeksasi di Portal Garuda dapat membantu jurnal mencapai visibilitas yang lebih luas dan mendapatkan sitasi yang lebih banyak.

Dalam rangka meningkatkan sitasi jurnal, pengelola jurnal juga perlu memastikan bahwa jurnal tersebut memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Portal Garuda. Beberapa persyaratan tersebut meliputi terdaftarnya jurnal di Indonesia dengan nomor ISSN, serta telah diterbitkan setidaknya satu kali dengan jumlah artikel minimal lima buah. Dengan memenuhi persyaratan ini, jurnal memiliki kesempatan yang lebih besar untuk diterima dan diindeks di Portal Garuda.

Dalam era digital saat ini, indeksasi di Portal Garuda merupakan salah satu strategi efektif untuk meningkatkan sitasi jurnal. Dengan meningkatnya visibilitas dan citasi jurnal, reputasi dan pengaruh peneliti serta pengelola jurnal juga akan meningkat. Oleh karena itu, para peneliti dan pengelola jurnal perlu memanfaatkan Portal Garuda sebagai sarana untuk meningkatkan sitasi dan dampak publikasi ilmiah mereka.

Kesimpulan

Portal Garuda, sebagai gerbang penelusuran dan indeksasi jurnal ilmiah di Indonesia, memiliki peran penting dalam pengembangan riset dan peningkatan sitasi jurnal. Dengan mengindekskan jurnal di Portal Garuda, pengelola jurnal dapat memperluas jangkauan distribusi jurnal mereka, meningkatkan visibilitas, dan memperoleh citasi yang lebih banyak.

Melalui proses indeksasi yang relatif mudah, jurnal-jurnal dapat diakses oleh ribuan peneliti, akademisi, dan mahasiswa yang menggunakan Portal Garuda sebagai sumber referensi. Indeksasi di Portal Garuda juga memberikan reputasi yang baik kepada jurnal tersebut, menambah kepercayaan bagi peneliti lain untuk mengutipnya dalam publikasi mereka.

Selain itu, Portal Garuda membuka peluang jurnal untuk diakses oleh peneliti di tingkat nasional dan internasional, memperluas jangkauan sitasi yang dapat diperoleh. Dengan memenuhi persyaratan yang ditetapkan, jurnal-jurnal dapat memanfaatkan indeksasi di Portal Garuda sebagai strategi efektif dalam meningkatkan sitasi dan dampak publikasi ilmiah mereka.

Demikianlah cara publikasi jurnal di portal garuda, penggunaan Portal Garuda sebagai sarana indeksasi jurnal dapat meningkatkan kualitas publikasi ilmiah di Indonesia dan mendukung pengembangan riset yang lebih baik. Para peneliti dan pengelola jurnal perlu memanfaatkan peluang ini untuk memperluas jangkauan riset mereka, meningkatkan visibilitas publikasi, dan meningkatkan pengaruh dalam komunitas ilmiah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan Kami

Order Layanan Cepat