Ada pertanyaan? Jangan Sungkan!
Contoh Latar Belakang Makalah: Pentingnya Bab Pendahuluan

Contoh Latar Belakang Makalah: Pentingnya Bab Pendahuluan

Menyusun karya ilmiah merupakan tugas yang umum di dalam dunia akademik. Salah satu bagian yang tak terpisahkan dari sebuah makalah adalah latar belakang. Biasanya, latar belakang dimasukkan dalam bab pendahuluan atau bab 1.

Fungsi utama dari latar belakang adalah untuk menjelaskan alasan mengapa suatu masalah harus diteliti serta solusi yang ditawarkan oleh penulis terhadap masalah yang sedang diangkat. Dengan demikian, latar belakang merupakan komponen penting dalam penulisan karya ilmiah.

Mari kita telusuri lebih lanjut tentang contoh latar belakang makalah beserta bagian-bagian penting yang terdapat dalam bab pendahuluan.

Contoh Latar Belakang Makalah

Berikut ini akan disajikan beberapa contoh latar belakang yang sering dijumpai dalam penulisan karya ilmiah.

Contoh I: Peran Media Sosial dalam Interaksi Remaja

Teknologi telah mengubah cara kita menjalani kehidupan sehari-hari. Salah satu teknologi yang telah berkembang pesat adalah media sosial. Penggunaan media sosial saat ini telah menjadi faktor penting yang mempengaruhi interaksi antar manusia, terutama di kalangan remaja. Sebelum adanya media sosial, berkomunikasi dengan orang di luar kota, pulau, atau negara bisa menjadi tantangan karena biaya telepon yang mahal atau keterbatasan waktu dalam pengiriman surat. Namun, dengan pesatnya perkembangan teknologi, proses komunikasi dengan orang lain menjadi lebih mudah.

Meskipun demikian, kehadiran media sosial telah menyebabkan remaja terlalu terbuka terhadap orang lain atau bahkan dengan orang yang belum dikenal. Ditambah lagi, akses mudah melalui smartphone telah menyebabkan remaja melupakan batasan-batasan pergaulan yang seharusnya mereka ketahui.

Baca Juga:  Tinjauan Pustaka: Arti, Fungsi, Sumber, dan Cara Menulis

Contoh II: Kenakalan Remaja di Lingkungan Sekolah

Remaja merupakan generasi penerus yang akan membentuk masa depan bangsa. Masa remaja adalah tahap peralihan dari masa kanak-kanak menuju dewasa, di mana rasa ingin tahu terhadap hal-hal baru sangat kuat.

Ketika memasuki fase ini, para remaja akan menghadapi pilihan untuk melakukan hal-hal yang positif atau justru terjerumus dalam perilaku yang merugikan diri sendiri, keluarga, bahkan orang lain. Pendidikan yang diberikan di lingkungan keluarga sangat penting untuk membekali remaja dengan pemahaman mengenai tindakan yang baik dan buruk di dunia luar.

Contoh III: Dampak Kenakalan Remaja melalui Media Sosial

Era globalisasi telah membawa perubahan dalam penyebaran informasi dan kemudahan akses telekomunikasi. Namun, sebagai konsekuensinya, globalisasi juga membawa dampak negatif. Salah satu hasil dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi

manusia adalah internet. Internet memberikan berbagai fitur yang dapat diakses oleh siapa saja, termasuk anak-anak dan remaja.

Penggunaan internet yang tidak terkendali dapat menyebabkan anak-anak menjadi rentan mengakses konten yang tidak sehat atau berbahaya bagi masa depan mereka. Berita tentang penyalahgunaan internet seringkali menjadi sorotan, seperti kasus prostitusi remaja melalui jejaring sosial seperti Facebook. Keadaan ini sangat ironis mengingat tujuan utama dari jejaring sosial adalah memperluas hubungan sosial.

Banyaknya kasus kenakalan remaja yang disebabkan oleh penyalahgunaan internet menuntut peran orang tua untuk memperhatikan dan memberikan pendidikan kepada anak-anak mereka mengenai penggunaan internet yang bertanggung jawab.

Bagian-Bagian dalam Bab Pendahuluan

Selain latar belakang, terdapat beberapa bagian penting lain yang perlu disertakan dalam bab pendahuluan ketika menyusun karya tulis ilmiah. Berikut adalah bagian-bagian esensial dalam bab pendahuluan berdasarkan Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada yang berjudul ‘Pedoman Penulisan Karya Ilmiah’.

Baca Juga:  Contoh Kata Pengantar Makalah: 13 Contoh yang Baik dan Benar

1. Latar Belakang Masalah

Bagian latar belakang masalah menjelaskan penyebab timbulnya masalah yang akan diteliti. Kesenjangan antara kondisi yang diharapkan dengan kondisi yang sebenarnya menjadi pemicu munculnya masalah. Sumber kesenjangan ini dapat diperoleh melalui studi pustaka (kesenjangan teoritis) dan fenomena di lapangan (kesenjangan praktis).

2. Rumusan Masalah

Rumusan masalah menjelaskan secara terperinci masalah yang akan diteliti. Umumnya, rumusan masalah disusun berdasarkan gejala masalah yang muncul, dengan didukung oleh teori dan logika berpikir yang tepat agar dapat disampaikan dengan akurat.

3. Tujuan Penelitian

Bagian ini menjelaskan tujuan penelitian yang lebih spesifik dan menjadi target dalam penelitian. Tujuan penelitian harus saling berkaitan dengan rumusan masalah.

4. Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian menjelaskan kontribusi penelitian terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan implementasi pembangunan dalam arti yang lebih luas.

5. Ruang Lingkup dan Batasan Penelitian

Ruang lingkup dan batasan penelitian menjelaskan asumsi-asumsi yang digunakan dalam penelitian serta batasan masalah yang akan diteliti. Variabel dan indikator penelitian harus dijelaskan secara spesifik dalam bagian ini.

6. Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan memberikan gambaran singkat tentang organisasi tulisan karya ilmiah beserta penjelasan mengenai isi yang disusun.

Demikianlah penjelasan tentang pentingnya latar belakang makalah dan bagian-bagian yang terdapat dalam bab pendahuluan. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam menyusun karya tulis yang unik dan bebas plagiasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan Kami

Order Layanan Cepat