Ada pertanyaan? Jangan Sungkan!
Kumpulan Web Penting untuk Menulis Skripsi atau Artikel Ilmiah Bagi Pemula

Kumpulan Web Penting untuk Menulis Skripsi atau Artikel Ilmiah Bagi Pemula

Jika Anda sedang menulis skripsi atau artikel ilmiah dan merasa kesulitan mencari referensi yang tepat, jangan khawatir! Kami telah mengumpulkan beberapa situs web penting yang dapat membantu Anda dalam menemukan sumber daya yang relevan dan mendukung penulisan Anda. Berikut adalah daftar beberapa situs web yang sangat bermanfaat untuk pemula:

1. Google Scholar

Google Scholar adalah mesin pencari khusus untuk artikel ilmiah, tesis, buku, dan makalah akademik lainnya. Anda dapat dengan mudah menemukan penelitian yang relevan dalam bidang studi Anda dengan menggunakan kata kunci yang sesuai. Pastikan untuk memeriksa kualitas sumber daya yang Anda temukan sebelum menggunakannya dalam tulisan Anda.

2. ResearchGate

ResearchGate adalah platform sosial akademik yang memungkinkan peneliti untuk berbagi dan menjelajahi penelitian ilmiah. Anda dapat bergabung dengan komunitas akademik yang relevan dengan bidang studi Anda, mengikuti peneliti lain, dan membagikan karya Anda sendiri. Di sini Anda dapat menemukan artikel, tesis, dan diskusi yang bermanfaat.

3. Academia.edu

Academia.edu adalah platform yang mirip dengan ResearchGate. Anda dapat membuat profil akademik, mengunggah makalah Anda, dan terhubung dengan para peneliti lain di bidang studi yang sama. Selain itu, Anda dapat menjelajahi artikel ilmiah yang relevan dengan minat penelitian Anda dan mengikuti penulis yang menarik bagi Anda.

4. Scopus

Scopus adalah pangkalan data yang mencakup berbagai macam disiplin ilmu, termasuk sains, teknik, kedokteran, dan ilmu sosial. Anda dapat mencari artikel ilmiah, menganalisis kutipan, dan melacak perkembangan penelitian dalam bidang studi Anda. Scopus sering digunakan oleh peneliti dan mahasiswa untuk mencari sumber daya yang relevan dan memperoleh wawasan tentang tren penelitian terkini.

Baca Juga:  Publikasi Artikel Jurnal Sinta: 4 Tips yang Harus Anda Ketahui

5. JSTOR

JSTOR menyediakan akses ke artikel ilmiah, buku, dan sumber daya akademik lainnya di berbagai bidang studi. Anda dapat mencari artikel yang dipublikasikan dalam jurnal akademik terkemuka dan menggunakan informasi tersebut untuk mendukung argumen Anda dalam tulisan Anda. JSTOR adalah sumber daya yang sangat berharga untuk mencari referensi kredibel dan terverifikasi.

6. PubMed

Jika Anda sedang menulis artikel ilmiah di bidang kedokteran atau biologi, PubMed adalah sumber daya yang sangat berguna. PubMed adalah pangkalan data yang berisi artikel dari jurnal medis terkemuka di seluruh dunia. Anda dapat mencari artikel penelitian, tinjauan sistematis, dan ulasan literatur yang relevan dengan topik Anda. Selain itu, PubMed juga menyediakan akses ke artikel bebas akses (open access) sehingga Anda dapat mengakses secara gratis.

7. IEEE Xplore

Bagi Anda yang berfokus pada bidang teknik dan ilmu komputer, IEEE Xplore adalah sumber daya yang wajib dikunjungi. Di sini Anda dapat menemukan artikel ilmiah, konferensi, dan standar teknis terkait dengan bidang studi tersebut. IEEE Xplore juga menyediakan akses ke jurnal-jurnal terkemuka dalam bidang teknik dan ilmu komputer.

8. DOAJ (Directory of Open Access Journals)

DOAJ adalah direktori jurnal-jurnal ilmiah dengan akses terbuka (open access) di berbagai bidang studi. Situs web ini menyediakan akses ke ribuan jurnal yang dapat Anda telusuri berdasarkan subjek atau kata kunci. Jurnal-jurnal ini menawarkan akses gratis ke artikel-artikel ilmiah yang dapat digunakan untuk mendukung penulisan Anda.

9. WorldCat

WorldCat adalah basis data bibliografis yang mengindeks koleksi perpustakaan di seluruh dunia. Dengan menggunakan WorldCat, Anda dapat menemukan buku, artikel, dan materi lainnya yang relevan dengan topik penelitian Anda. Anda juga dapat melihat perpustakaan terdekat yang memiliki materi yang Anda butuhkan.

Baca Juga:  7 Tips Mudah Mengerjakan Skripsi yang Bisa Bantu Cepat Lulus dan Wisuda

10. Google Books

Google Books adalah layanan yang memungkinkan Anda untuk mencari dan membaca buku secara online. Anda dapat mencari kata kunci dalam buku-buku yang telah diindeks oleh Google dan membaca kutipan yang relevan. Meskipun tidak semua buku tersedia secara lengkap, Google Books dapat memberikan informasi yang berguna untuk penulisan Anda.

Itulah beberapa situs web penting yang dapat membantu Anda dalam menemukan referensi yang relevan untuk menulis skripsi atau artikel ilmiah. Selalu pastikan untuk mengevaluasi keandalan sumber daya yang Anda temukan dan gunakan informasi yang akurat dan terverifikasi. Selamat menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan Kami

Order Layanan Cepat