Ada pertanyaan? Jangan Sungkan!
Manfaat Penelitian: Definisi, Peranan, dan Panduan Pembuatannya

Manfaat Penelitian: Definisi, Peranan, dan Panduan Pembuatannya

Dalam proses pembuatan skripsi atau karya ilmiah, penulis perlu mengungkapkan manfaat penelitian sebagai bagian integral dari tulisan tersebut. Tujuannya adalah agar hasil penelitian yang dihasilkan dapat memberikan manfaat bagi dunia ilmiah maupun masyarakat pada umumnya.

Namun, penulisan mengenai manfaat penelitian tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Meskipun inti dari skripsi atau karya ilmiah terletak pada bagian pembahasan, tetapi penting untuk memberikan perhatian pada penulisan manfaat penelitian.

Lantas, bagaimana cara membuat manfaat penelitian yang tepat? Ikuti pembahasan lengkap mengenai definisi dan peranannya dalam artikel ini.

Pengertian Manfaat Penelitian

Secara mendasar, manfaat penelitian adalah tentang bagaimana suatu penelitian dapat memberikan manfaat dalam bidang ilmiah, kepada masyarakat luas, atau kelompok tertentu. Perlu diingat bahwa tujuan dan manfaat penelitian memiliki keterkaitan, baik dalam penulisan karya ilmiah maupun skripsi.

Menurut e-Jurnal yang diterbitkan oleh stekom.ac.id, seorang peneliti harus memahami terlebih dahulu tujuan dari penelitian yang dilakukan. Setelah itu, peneliti dapat menentukan manfaat apa yang akan diperoleh setelah penelitian tersebut selesai.

Dengan menetapkan tujuan penelitian yang jelas, maka keuntungan yang positif dapat dicapai. Oleh karena itu, para peneliti dilatih untuk fokus pada tujuan penelitian, menjelaskannya dengan jelas, dan melaksanakan penelitian dengan sebaik-baiknya untuk mencapai manfaat yang diinginkan.

Jenis-Jenis Manfaat Penelitian

manfaat penelitian dalam suatu studi dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu keuntungan teoritis dan keuntungan praktis. Untuk informasi lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini.

1. Keuntungan Teoritis

Keuntungan teoritis berkaitan dengan perkembangan ilmu linguistik. Dengan demikian, hasil penelitian diharapkan dapat berguna dalam bidang keilmuan dan akademis di masa depan.

Baca Juga:  Cara Merangkum Jurnal dengan Mudah dan Efektif

2.  Keuntungan Praktis

Keuntungan praktis adalah keuntungan yang bisa diperoleh peneliti itu sendiri dari penelitian yang dilakukan. Dalam hal ini, peneliti dapat memahami manfaat yang diperoleh dan cara memecahkan masalah secara praktis melalui penelitian yang telah dilakukan.

Peranan Manfaat Penelitian

Secara umum, penulisan manfaat penelitian memiliki fungsi untuk mendapatkan sejumlah jawaban dari penelitian yang telah dilakukan. Namun, tidak hanya itu, terdapat beberapa fungsi lain dari penulisan manfaat penelitian, sebagai berikut:

  1. Menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya dalam menyempurnakan hasil penelitian yang telah ada.
  2. Menganalisis lebih dalam mengenai manfaat yang dapat diperoleh dari hasil penelitian yang telah dilakukan.
  3. Publikasi mengenai manfaat penelitian turut membantu perkembangan akademis, organisasi, dan perusahaan yang menjadi objek penelitian agar dapat menjadi lebih baik di masa depan.

Panduan Penulisan Manfaat Penelitian

Dalam penulisan manfaat penelitian, sering kali ditemui peneliti yang menulisnya secara sembarangan, sehingga manfaat dari skripsi atau karya ilmiah yang dihasilkan tidak tercapai. Padahal, langkah tersebut kurang bijaksana dan dapat berdampak negatif pada perkembangan ilmiah di masa yang akan datang.

Menurut e-Jurnal yang diterbitkan oleh uin-alauddin.ac.id, manfaat penelitian berhubungan erat dengan tujuan penelitian. Jika tujuannya spesifik dan unik, maka manfaat penelitian juga akan bersifat spesifik.

Karena tujuan dan manfaat penelitian saling terkait, sebaiknya manfaat penelitian ditulis dengan asumsi bahwa tujuan penelitian telah tercapai. Keuntungan merupakan narasi objektif yang menggambarkan hal-hal yang telah dicapai setelah tujuan penelitian terpenuhi.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, manfaat penelitian dapat bersifat teoritis maupun praktis, oleh karena itu, kunci utama dalam penulisan manfaat penelitian adalah terkait dengan objek penelitian dan tujuan penelitian yang telah ditetapkan.

Baca Juga:  Apakah Anda Tahu Perbedaan Skripsi, Tesis, dan Disertasi? Ini Dia Penjelasannya!

Selain itu, manfaat penelitian juga sangat terkait dengan bagian saran dan kesimpulan di bab 5. Oleh karena itu, penjelasan mengenai manfaat penelitian harus diungkapkan dalam bagian tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat penelitian, termasuk definisi, peran, jenis, dan panduan pembuatannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan Kami

Order Layanan Cepat