Ada pertanyaan? Jangan Sungkan!
Menyelesaikan Studi S1 di Amerika Serikat: Tanpa Skripsi, Ini Syaratnya

Menyelesaikan Studi S1 di Amerika Serikat: Tanpa Skripsi, Ini Syaratnya

Rifainstitute.com – Perguruan tinggi di seluruh dunia terus beradaptasi dengan perkembangan zaman, termasuk dalam hal persyaratan kelulusan. Baru-baru ini, Kemendikbud RI mengumumkan bahwa mahasiswa di Indonesia tidak lagi diwajibkan untuk menyelesaikan skripsi sebagai syarat kelulusan. Sebagai penggantinya, mahasiswa diberikan fleksibilitas untuk menyelesaikan tugas akhir dalam bentuk prototipe, proyek, atau bentuk lainnya. Namun, bagaimana dengan mahasiswa di Amerika Serikat, negara dengan reputasi kampus-kampus top dunia? Apakah mereka juga dapat lulus tanpa harus menulis skripsi?

Proses Kelulusan di Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, untuk mendapatkan gelar sarjana (S1), mahasiswa tidak diharuskan menulis skripsi. Persyaratan kelulusan biasanya mencakup sejumlah SKS minimal yang harus diselesaikan, IPK minimum yang harus dipertahankan, dan ujian akhir semester untuk menilai pemahaman materi.

Menurut informasi dari laman Coursera, mahasiswa di AS biasanya harus menyelesaikan setidaknya 120 SKS (atau sekitar 180 SKS di sekolah dengan sistem seperempat) dan mempertahankan IPK minimal 2,0. Proses ini memerlukan waktu sekitar empat hingga lima tahun, tergantung pada jumlah kursus yang diambil oleh mahasiswa setiap tahunnya.

Syarat-syarat Kelulusan di AS

Berikut adalah beberapa syarat umum yang harus dipenuhi oleh mahasiswa untuk lulus S1 di Amerika Serikat, berdasarkan informasi dari berbagai kampus terkemuka seperti American University, The University of Iowa, California State University San Marcos (CSUSM), dan Southern New Hampshire University (SNHU):

  1. Menyelesaikan SKS dan IPK: Mahasiswa harus menyelesaikan setidaknya 120 SKS dengan IPK kumulatif minimal 2,00 atau lebih baik.
  2. Studi di Kampus: Sebagian besar perguruan tinggi mengharuskan mahasiswa menyelesaikan sejumlah SKS terakhir di tempat tinggal di kampus.
  3. Standar Akademik: Mahasiswa harus memenuhi standar akademik yang ditetapkan oleh perguruan tinggi dan jurusan mereka.
  4. Tugas Kursus: Menyelesaikan unit tugas kursus yang diperlukan untuk program studi mereka.
  5. Penulisan Wisuda: Memenuhi persyaratan penulisan wisuda yang mungkin berbeda-beda di setiap perguruan tinggi.
  6. Bahasa Lain: Jika diperlukan, mahasiswa juga harus memenuhi persyaratan bahasa selain bahasa Inggris.
Baca Juga:  Cara Agar Fokus Menyelesaikan Skripsi: Tips dan Trik yang Efektif

Selain itu, mahasiswa di Amerika Serikat juga memiliki kesempatan untuk mentransfer kredit dari kursus yang telah mereka selesaikan sebelumnya, seperti kursus di program asosiasi atau lainnya.

Tugas Akhir dan Kelulusan

Untuk tugas akhir mereka, mahasiswa di AS biasanya akan melakukan proyek profesional dan menghadapi ujian komprehensif tertulis sebagai bagian dari proses menuju gelar sarjana mereka. Ini adalah alternatif yang lebih umum daripada menulis skripsi tradisional.

Kesimpulan

Di Amerika Serikat, mahasiswa dapat lulus S1 tanpa harus menulis skripsi. Sebaliknya, mereka harus memenuhi sejumlah syarat, termasuk menyelesaikan sejumlah SKS, mempertahankan IPK yang memadai, dan menghadapi ujian akhir. Pendekatan ini memberikan mahasiswa fleksibilitas untuk mengejar proyek-proyek yang lebih praktis sebagai bagian dari pendidikan mereka, mencerminkan perubahan dalam tuntutan profesional di dunia nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan Kami

Order Layanan Cepat