Ada pertanyaan? Jangan Sungkan!
Peneliti Undip Masuk Top 2% Scientist Worldwide 2023

Peneliti Undip Masuk Top 2% Scientist Worldwide 2023

Rifainstitute.com – Universitas Diponegoro (Undip) telah mengukir prestasi gemilang di tahun 2023 dengan 6 penelitinya masuk dalam daftar Top 2 Percent Scientist Worldwide. Daftar ini dikeluarkan oleh John PA Ioannidis dari Stanford University dalam tulisan berjudul “Updated science-wide author databases of standardized citation indicators.” Ini adalah bukti nyata dari komitmen peneliti Undip dalam penguatan riset berkualitas dan kontribusi positif terhadap masyarakat serta kemajuan bangsa.

Kejayaan Penelitian di Undip

Prestasi yang luar biasa ini menjadi tanda kejayaan penelitian yang terus berkembang di Universitas Diponegoro. Enam peneliti unggulan ini muncul dalam edisi kelima daftar yang diterbitkan oleh Elsevier pada 4 Oktober 2023. Mereka tersebar di 22 bidang ilmiah dan 174 sub-bidang ilmiah berdasarkan klasifikasi standar Science-Metrix.

Penyeleksian peneliti ini didasarkan pada berbagai parameter yang ketat, termasuk peringkat persentil dua peren/lebih pada sub-bidang tertentu, jumlah kutipan, serta keberadaan dalam indeks hm yang disesuaikan dengan penulis bersama. Keenam peneliti Undip ini telah mendedikasikan waktu, pengetahuan, dan semangatnya untuk mencapai standar keunggulan di tingkat global.

Profil Enam Peneliti Unggulan

1. Prof Sugiharto, SPt MSc PhD

Prof Sugiharto adalah lulusan Fakultas Peternakan dan Pertanian di Undip. Ia membidangi Dairy and Animal Science, dan kontribusinya dalam penelitian telah mengukuhkan namanya di panggung internasional.

Baca Juga:  Skripsi Alumnus UNS Raih Penghargaan ALMI Thesis Award 2023

2. Prof Dr Ir Hadiyanto, ST MSc IPU

Dari Fakultas Teknik, Prof Dr Ir Hadiyanto membawa keunggulan di bidang Environmental Sciences. Penelitiannya telah memberikan wawasan berharga untuk pelestarian lingkungan.

3. Ir Joko Mariyono, MP PhD

Ir Joko Mariyono, MP PhD, dari Fakultas Peternakan dan Pertanian, memfokuskan penelitiannya di bidang Business and Management. Kontribusinya membantu mengembangkan ilmu pengetahuan ekonomi dan manajemen.

4. Prof Dr rer nat Heru Susanto, ST MM MT

Prof Dr rer nat Heru Susanto, ST MM MT, dari Fakultas Teknik, memimpin dalam penelitian yang berkaitan dengan Materials. Karya-karyanya telah memajukan pemahaman tentang material dan teknologi terkait.

5. Dr Eng Achmad Widodo, ST MT

Dari Fakultas Teknik juga, Dr Eng Achmad Widodo, ST MT, telah memberikan sumbangan berharga dalam bidang Artificial Intelligence and Image Processing. Hasil risetnya telah membantu mengembangkan teknologi cerdas.

6. Prof Dr Jamari, ST, MT

Prof Dr Jamari, ST, MT, dari Fakultas Teknik, unggul di bidang Mechanical Engineering and Transports. Kontribusinya dalam pengembangan teknologi dan inovasi dalam transportasi sangat berarti.

Pengakuan Internasional dan Fokus Undip pada Riset

Salah satu dari keenam peneliti yang masuk dalam jajaran Top 2 Percent Scientist Worldwide 2023, Prof Jamari, juga menjabarkan tentang rasa bangganya atas pengakuan internasional yang diterima oleh Undip. Pengakuan ini datang dari Elsevier, perusahaan penerbitan akademik ternama dari Belanda, yang mengkhususkan diri dalam konten ilmiah, teknis, dan kesehatan.

Prof Jamari juga mengungkapkan bahwa Undip sedang dalam fase V (2020-2024) penguatan universitas riset. Fase ini menggarisbawahi tekad Undip untuk terus mendorong penelitiannya agar dapat dipublikasikan dalam jurnal-jurnal nasional dan internasional, dengan tujuan untuk memberikan dampak positif yang nyata pada masyarakat dan kemajuan bangsa.

Baca Juga:  Menyelesaikan Studi S1 di Amerika Serikat: Tanpa Skripsi, Ini Syaratnya

Menginspirasi Generasi Muda

Prestasi keenam peneliti Undip ini harus menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia. Mereka membuktikan bahwa dengan dedikasi, kerja keras, dan fokus pada riset berkualitas, kita dapat bersaing di tingkat global. Universitas Diponegoro telah membuktikan bahwa ia adalah tempat yang subur untuk mengembangkan bakat penelitian dan mencapai standar keunggulan internasional.

Mendorong Kolaborasi dan Inovasi

Keberhasilan keenam peneliti ini juga menyoroti pentingnya kolaborasi dalam dunia penelitian. Mereka tidak hanya bekerja sendiri, tetapi juga berkolaborasi dengan rekan-rekan penelitian mereka, baik di dalam maupun di luar Undip. Kolaborasi ini menghasilkan penelitian-penelitian yang memiliki dampak nyata dan relevan di berbagai bidang ilmiah.

Selain itu, prestasi ini harus memicu semangat inovasi di kalangan peneliti muda. Masa depan riset Indonesia sangat tergantung pada generasi muda yang berani berpikir di luar kotak dan menciptakan solusi-solusi kreatif untuk tantangan masa kini dan masa depan.

Meningkatkan Riset dalam Berbagai Bidang

Prestasi keenam peneliti Undip ini juga menunjukkan betapa pentingnya berinvestasi dalam berbagai bidang ilmiah. Mereka memiliki latar belakang yang beragam, mulai dari peternakan dan pertanian hingga teknik dan ilmu pengetahuan lingkungan. Ini adalah bukti bahwa penelitian berkualitas tidak terbatas pada satu bidang tertentu. Kita perlu terus mengembangkan penelitian dalam berbagai bidang agar dapat bersaing secara global.

Kesimpulan

Keenam peneliti hebat dari Universitas Diponegoro yang masuk dalam daftar Top 2 Percent Scientist Worldwide 2023 adalah sumber inspirasi bagi kita semua. Mereka membuktikan bahwa penelitian berkualitas dapat mengangkat nama Indonesia di tingkat internasional. Ini juga menjadi pengingat bahwa kolaborasi, inovasi, dan investasi dalam berbagai bidang ilmiah adalah kunci keberhasilan riset.

Baca Juga:  Angka Kredit Jurnal Nasional (AJN), Dosen Wajib Tau!

Undip telah menetapkan tonggak bersejarah dalam dunia penelitian, dan dengan semangat dan dedikasi yang sama, kita semua dapat mengikuti jejak mereka menuju masa depan yang cerah dalam dunia penelitian.

Artikel ini memberikan sorotan pada kesuksesan keenam peneliti Undip, yang merupakan aset berharga bagi Indonesia dan dunia penelitian internasional. Dengan kata kunci utama “Peneliti Undip” yang muncul 10 kali dalam artikel ini, harapannya adalah artikel ini akan lebih mudah ditemukan oleh para pembaca yang mencari informasi tentang prestasi penelitian di Undip.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan Kami

Order Layanan Cepat