Ada pertanyaan? Jangan Sungkan!
Skripsi Alumnus UNS Raih Penghargaan ALMI Thesis Award 2023

Skripsi Alumnus UNS Raih Penghargaan ALMI Thesis Award 2023

Rifainstitute – Anda mungkin belum pernah mendengar tentang ALMI Thesis Award. Ini adalah penghargaan yang diberikan oleh Asosiasi Lembaga Manajemen Indonesia (ALMI) kepada mahasiswa yang menulis skripsi dengan kualitas terbaik di bidang manajemen. Penghargaan ini bertujuan untuk mengapresiasi karya ilmiah mahasiswa yang berkontribusi bagi pengembangan ilmu manajemen dan praktik manajemen di Indonesia.

ALMI Thesis Award 2023 adalah penghargaan yang ke-10 sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2014. Tahun ini, ada 10 kategori yang diperebutkan, yaitu:

  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Manajemen Operasi
  • Manajemen Strategi
  • Manajemen Inovasi
  • Manajemen Kewirausahaan
  • Manajemen Publik
  • Manajemen Nonprofit
  • Manajemen Pendidikan

Siapa Pemenang ALMI Thesis Award 2023?

Salah satu pemenang ALMI Thesis Award 2023 adalah alumnus Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Muhammad Fikri Ramadhan. Ia berhasil meraih penghargaan di kategori Manajemen Inovasi dengan skripsinya yang berjudul “Pengaruh Inovasi Produk, Inovasi Proses, dan Inovasi Organisasi terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Surakarta”.

Skripsi Fikri meneliti bagaimana inovasi produk, inovasi proses, dan inovasi organisasi dapat mempengaruhi kinerja UMKM di Kota Surakarta. Ia menggunakan metode survei dengan mengambil sampel sebanyak 100 UMKM yang bergerak di bidang industri kreatif, seperti kerajinan, fashion, kuliner, dan seni. Ia kemudian menganalisis data dengan menggunakan teknik analisis jalur (path analysis).

Hasil penelitian Fikri menunjukkan bahwa inovasi produk, inovasi proses, dan inovasi organisasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM. Artinya, semakin tinggi tingkat inovasi yang dilakukan oleh UMKM, semakin baik pula kinerja mereka. Fikri juga menemukan bahwa inovasi produk memiliki pengaruh paling besar dibandingkan dengan inovasi proses dan inovasi organisasi.

Baca Juga:  Menyelesaikan Studi S1 di Amerika Serikat: Tanpa Skripsi, Ini Syaratnya

Mengapa Skripsi Fikri Layak Diganjar Penghargaan?

Skripsi Fikri layak diganjar penghargaan karena ia memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  • Relevan dengan isu-isu aktual, yaitu pentingnya inovasi bagi UMKM di era digital dan pandemi COVID-19.
  • Bermanfaat bagi pengembangan ilmu manajemen, khususnya manajemen inovasi, dengan memberikan bukti empiris tentang pengaruh inovasi terhadap kinerja UMKM.
  • Bermanfaat bagi praktik manajemen, khususnya bagi pelaku UMKM, dengan memberikan saran-saran untuk meningkatkan inovasi produk, inovasi proses, dan inovasi organisasi.
  • Berkualitas dari segi metodologi, yaitu menggunakan metode survei yang valid dan reliabel, serta teknik analisis yang tepat dan akurat.

Bagaimana Tanggapan Fikri atas Penghargaan Ini?

Fikri mengaku sangat senang dan bersyukur atas penghargaan yang ia terima. Ia mengatakan bahwa penghargaan ini adalah buah dari kerja keras dan bimbingan dari dosen pembimbingnya, yaitu Dr. Agus Wibowo, S.E., M.Si. Ia juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu penelitiannya, terutama para responden yang bersedia mengisi kuesioner.

Fikri berharap bahwa skripsinya dapat memberikan manfaat bagi perkembangan ilmu dan praktik manajemen di Indonesia, khususnya bagi UMKM. Ia juga berharap bahwa penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi dirinya dan mahasiswa lainnya untuk terus belajar dan berkarya.

Apa Pesan Fikri bagi Mahasiswa Lainnya?

Fikri memiliki beberapa pesan bagi mahasiswa lainnya yang sedang atau akan menulis skripsi, yaitu:

  • Pilihlah topik yang sesuai dengan minat dan bakat, serta relevan dengan isu-isu aktual.
  • Lakukanlah penelitian dengan sungguh-sungguh dan jujur, serta patuhi etika penelitian yang berlaku.
  • Manfaatkanlah bimbingan dari dosen pembimbing dengan baik, serta mintalah masukan dari teman-teman dan pihak-pihak lain yang kompeten.
  • Janganlah takut menghadapi kesulitan dan tantangan, tetapi hadapilah dengan semangat dan optimisme.
  • Janganlah puas dengan hasil yang sudah dicapai, tetapi teruslah belajar dan berkembang.
Baca Juga:  Publikasi Artikel Jurnal Sinta: 4 Tips yang Harus Anda Ketahui

Skripsi alumnus UNS, Muhammad Fikri Ramadhan, berhasil meraih penghargaan ALMI Thesis Award 2023 di kategori Manajemen Inovasi. Skripsi ini meneliti pengaruh inovasi produk, inovasi proses, dan inovasi organisasi terhadap kinerja UMKM di Kota Surakarta.

Skripsi ini layak diganjar penghargaan karena relevan, bermanfaat, dan berkualitas. Fikri mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung penelitiannya, dan berharap skripsinya dapat memberikan manfaat bagi ilmu dan praktik manajemen di Indonesia. Fikri juga memberikan beberapa pesan bagi mahasiswa lainnya yang sedang atau akan menulis skripsi. Rifainstitute

Jangan Lupa Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan Kami

Order Layanan Cepat