Ada pertanyaan? Jangan Sungkan!
SMUP Unpad Program S2 dan S3 Dibuka: Syarat, Tanggal, dan Proses Pendaftaran

SMUP Unpad Program S2 dan S3 Dibuka: Syarat, Tanggal, dan Proses Pendaftaran

Rifainstitute.com – Jika Anda tengah mencari peluang pendidikan lanjutan di tingkat Magister (S2) atau Doktor (S3) di Universitas Padjadjaran (Unpad), berita baiknya adalah bahwa SMUP Unpad untuk tahun akademik 2023/2024 telah dibuka! Dalam artikel ini, kita akan membahas semua syarat, tanggal penting, dan proses pendaftaran yang perlu Anda ketahui untuk mengikuti seleksi SMUP Unpad. Selain itu, kami juga akan memberikan informasi yang bermanfaat untuk membantu Anda memahami semua yang perlu Anda persiapkan untuk mengikuti seleksi ini.

Syarat Pendaftaran SMUP Unpad

Sebelum kita membahas tanggal penting dan proses pendaftaran, mari kita lihat terlebih dahulu syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa yang ingin mengikuti SMUP Unpad S2 dan S3. Syarat ini dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu syarat umum dan syarat khusus.

Syarat Umum

  1. Kewarganegaraan: Calon mahasiswa SMUP Unpad harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) atau Warga Negara Asing (WNA).
  2. Gelar Sarjana: Anda harus merupakan lulusan program sarjana yang telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) atau Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes).
  3. Tes Kemampuan Akademik (TKA): Anda harus memiliki sertifikat Tes Kemampuan Akademik (TKA) dari Pusat Inovasi Psikologi Unpad atau institusi lain yang diakui oleh Unpad. Beberapa institusi yang diakui antara lain PLTI Himpsi, UGM, Unair, UI, dan Bappenas. Skor minimal yang diperlukan adalah 450 untuk program S2 dan 500 untuk program S3.
  4. Tes Kemampuan Bahasa Inggris: Anda juga harus memiliki sertifikat tes kemampuan bahasa Inggris dari berbagai institusi penyelenggara yang diakui oleh Unpad. Skor minimal yang diterima berbeda-beda tergantung pada lembaga penyelenggara. Sebagai contoh, English Language Tes (ELT) Unpad mensyaratkan skor 450 untuk program S2 dan 500 untuk program S3. Selain itu, lembaga-lembaga seperti International TOEFL, Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) TOEP, British Council, IALF, IDP (IELTS), Duolingo English Proficiency, dan ELPT ITB juga memiliki skor minimal yang berbeda untuk program S2 dan S3.Catatan: Jika Anda menggunakan sertifikat Bahasa Inggris dari lembaga selain yang terdaftar di atas, Anda perlu memperhitungkan waktu tambahan (> 1 bulan) untuk proses verifikasi ke lembaga resmi penyelenggara. Meskipun Anda mungkin memenuhi syarat, Anda mungkin tidak akan dipanggil untuk wawancara seleksi/gelombang pada sesi yang sama.
  5. Publikasi Ilmiah: Bagi calon mahasiswa yang memiliki publikasi ilmiah di jurnal internasional bereputasi (Q1) sebagai penulis pertama, Anda tidak diwajibkan mengunggah nilai TPA atau TKBI ketika mendaftar.
  6. Pendaftaran Online: Seluruh proses pendaftaran akan dilakukan melalui laman resmi Unpad di http://pendaftaran.unpad.ac.id/.
Baca Juga:  Rio Yusri Maulana Sukses Meraih Gelar Doktorica Znanosti dan Menciptakan Model Baru dalam Administrasi Publik

Syarat Khusus

S2

  • Program Studi Magister Keperawatan: Fakultas Keperawatan Unpad hanya menerima lulusan S1 Keperawatan Ners. Mereka tidak menerima lulusan D4 Ners atau Sarjana Terapan (S.Tr).

S3

  • Surat Pernyataan Kesediaan Membimbing: Calon mahasiswa S3 harus memiliki surat pernyataan kesediaan membimbing dari calon ketua promotor.
  • Surat Rekomendasi: Anda juga perlu menyertakan dua surat rekomendasi (letter of recommendation).
  • Surat Pernyataan Tujuan: Persiapkan surat pernyataan tujuan (Statement of Purpose) sebagai bagian dari persyaratan pendaftaran.

Tanggal Penting dalam Seleksi SMUP Unpad

Seleksi SMUP Unpad akan dilakukan dalam tiga sesi hingga bulan Februari 2024. Setiap sesi memiliki tanggal-tanggal penting yang perlu diingat. Berikut adalah jadwal seleksi untuk setiap sesi:

Sesi 1 (12 Oktober – 2 November 2023)

  • Pendaftaran: Dalam sesi pertama ini, pendaftaran akan dibuka mulai 12 Oktober hingga 2 November 2023. Pastikan Anda telah mempersiapkan semua dokumen dan syarat yang diperlukan sebelum tanggal pendaftaran berakhir.
  • Ujian/Wawancara: Calon mahasiswa akan menghadapi ujian atau wawancara pada tanggal 7-8 November 2023. Ini adalah kesempatan Anda untuk menunjukkan potensi dan motivasi Anda.
  • Pengumuman Seleksi: Hasil seleksi untuk sesi pertama akan diumumkan pada tanggal 15 November 2023. Pantau situs web resmi Unpad untuk informasi lebih lanjut.

Sesi 2 (17 November – 14 Desember 2023)

  • Pendaftaran: Jika Anda tidak berhasil pada sesi pertama atau memilih untuk mencoba lagi, sesi kedua akan dibuka dari 17 November hingga 14 Desember 2023. Ini adalah kesempatan kedua Anda untuk mendaftar.
  • Ujian/Wawancara: Proses seleksi untuk sesi kedua akan dilaksanakan pada tanggal 21-22 Desember 2023. Anda memiliki waktu tambahan untuk mempersiapkan diri.
  • Pengumuman Seleksi: Hasil seleksi sesi kedua akan diumumkan pada tanggal 4 Januari 2024. Semoga Anda meraih kesuksesan kali ini.
Baca Juga:  Top 3 Peneliti Universitas Airlangga Masuk 100 Ilmuwan Terbaik Dunia: Siapa Mereka?

Sesi 3 (5 Januari – 5 Februari 2024)

  • Pendaftaran: Sesi terakhir, yaitu sesi ketiga, akan dibuka dari 5 Januari hingga 5 Februari 2024. Ini adalah kesempatan terakhir Anda untuk mencoba masuk ke Unpad.
  • Ujian/Wawancara: Proses seleksi untuk sesi ketiga akan berlangsung pada tanggal 12-13 Februari 2024. Manfaatkan waktu yang Anda miliki untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin.
  • Pengumuman Seleksi: Hasil seleksi sesi ketiga akan diumumkan pada tanggal 21 Februari 2024. Ini akan menjadi momen penentuan bagi calon mahasiswa SMUP Unpad.

Proses Pendaftaran SMUP Unpad

Proses pendaftaran SMUP Unpad dapat Anda lakukan secara online melalui laman resmi Unpad di http://pendaftaran.unpad.ac.id/. Pastikan Anda mengisi formulir pendaftaran dengan benar dan melampirkan semua dokumen yang diperlukan sesuai dengan syarat yang telah disebutkan di atas. Jangan lupa untuk membayar biaya pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Tips untuk Sukses dalam Seleksi SMUP Unpad

Mengikuti seleksi untuk program S2 dan S3 di Universitas Padjadjaran adalah langkah penting dalam perjalanan pendidikan Anda. Agar Anda dapat sukses dalam seleksi ini, berikut beberapa tips yang mungkin membantu:

  1. Persiapkan Dokumen dengan Teliti: Pastikan Anda memiliki semua dokumen yang diperlukan seperti sertifikat TKA dan tes kemampuan bahasa Inggris. Persiapkan juga surat pernyataan kesediaan membimbing, surat rekomendasi, dan surat pernyataan tujuan jika Anda mendaftar untuk program S3.
  2. Pelajari Materi Ujian: Jika ada materi ujian tertentu yang diuji, pastikan Anda mempelajarinya dengan baik. Anda mungkin perlu mempersiapkan diri dengan buku-buku referensi atau kursus persiapan.
  3. Perbaiki Kemampan Bahasa Inggris: Tes bahasa Inggris merupakan bagian penting dalam seleksi. Jika skor Anda belum mencapai target, pertimbangkan untuk mengikuti kursus bahasa Inggris atau latihan mandiri.
  4. Tunjukkan Motivasi dan Komitmen: Surat pernyataan tujuan Anda adalah kesempatan untuk menjelaskan mengapa Anda ingin mengikuti program ini dan apa yang Anda harapkan dari program tersebut. Tunjukkan motivasi dan komitmen Anda.
  5. Pantau Jadwal Penting: Pastikan Anda menandai tanggal penting dalam jadwal seleksi dan mengikuti perkembangan melalui situs web resmi Unpad.
  6. Berikan yang Terbaik dalam Wawancara: Jika Anda dipanggil untuk wawancara, berikan yang terbaik dalam menjawab pertanyaan dan tunjukkan kepribadian Anda yang positif.
Baca Juga:  Peneliti Undip Masuk Top 2% Scientist Worldwide 2023

Kesimpulan

SMUP Unpad merupakan kesempatan berharga untuk melanjutkan pendidikan Anda ke tingkat Magister (S2) atau Doktor (S3) di salah satu universitas terkemuka di Indonesia, yaitu Universitas Padjadjaran. Dengan memahami syarat-syarat pendaftaran, tanggal penting, dan proses pendaftaran, Anda dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti seleksi ini. Ingatlah untuk selalu memantau informasi terbaru melalui situs web resmi Unpad. Semoga Anda berhasil dalam perjalanan pendidikan Anda dan meraih kesuksesan di masa depan. Good luck!

Tautan Penting:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan Kami

Order Layanan Cepat