Ada pertanyaan? Jangan Sungkan!
Cara Membuat Resume Jurnal Ilmiah

Cara Membuat Resume Jurnal Ilmiah

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai cara membuat resume jurnal ilmiah. Untuk itu simak pembahasannya dibawah ini.

Jurnal ilmiah yaitu sumber referensi yang seringkali para akademisi gunakan dalam sebuah karya tulis.

Sehingga tidak aneh jika dalam perkuliahan, mahasiswa wajib membuat resume suatu jurnal penelitian sebagai salah satu cara supaya bisa menyusun karya ilmiah yang berkualitas.

Contoh format resume jurnal yang bisa digunakan sebagai sampel dalam menyusun resume jurnal secara mandiri.

Format resume jurnal internasional bisa kamu amati melalui struktur serta cara penyampaian yang ada dalam susunan resume jurnal.

Resume jurnal memiliki bagian penting dalam urutan yang disampaikan dalam jurnal. Saat membuat resume jurnal kamu perlu memperhatikan bagian demi bagian dalam jurnal disampaikan secara berurutan.

Contoh Format Resume Jurnal

 

Resume jurnal adalah sebuah upaya untuk membuat ringkasan dari suatu jurnal penelitian agar memudahkan pembaca jurnal mengetahui tujuan, metode penelitian, serta hasil dalam suatu penelitian.

Untuk informasi lebih jelasnya, berikut ini merupakan contoh resume jurnal yang bisa dijadikan sebagai referensi :

Judul : Pengendalian dan Pengelolaan Arsip Kecamatan Jawa Timur
Volume : Vol. 4 No. 6 2019
Tahun : 2019
Penulis : Bambang, Sutedy

Latar Belakang

Jurnal ini mempunyai latar belakang berdasarkan pengendalian serta pengelolaan arsip di kecamatan, yang berdasarkan pada peraturan Gubernur di Jawa Timur No 453 tahun 2005.

Baca Juga:  Jurnal Internasional Scopus, Sukses dengan Strategi Ini!

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan arsip di kantor kecamatan Jawa Timur pada tahun 2019.

Tujuan Penulisan Jurnal

Secara garis besarnya, jurnal ini dibuat dengan tujuan :

  1. Mengetahui proses pengendalian serta pengarsipan di kantor kecamatan Jawa Timur
  2. Mengetahui pengendalian kepengurusan di kantor kecamatan Jawa Timur.

Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif.

Hasil Penelitian

Dalam jurnal ini disebutkan bahwa hasil penelitiannya yaitu pengendalian serta pengelolaan arsip di Jawa Timur belum sepenuhnya berhasil dengan baik.

Karena terdapat kendala di bagian karyawan yang mengelola mengajarkan tugas ganda, sehingga hasilnya tidak optimal.

Peletakan arsip juga tidak urut serta tidak sesuai sehingga membuat pengarsipan terkendala dan memakan waktu yang lama

Kesimpulan

Kesimpulan pada jurnal yang bisa disimpulkan yaitu pengendalian serta pengelolaan arsip membutuhkan upaya yang lebih maksimal.

Mulai dari pembagian tugas yang sesuai jobdeks pada karyawan, sampai dengan peletakan pengarsipan yang harus urut dan tertata.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan penelitian ini yaitu penggunaan teori yang sudah memadai, sementara kekurangannya terletak pada analisis yang kurang mendalam.

Contoh Format Resume Jurnal PDF

Berikut ini merupakan format resume jurnal pdf yang mungkin bisa dijadikan referensi.

 

Cara Membuat Resume Jurnal

 

Berikut ini langkah-langkah bagaimana cara membuat resume jurnal, diantaranya:

1. Membaca Jurnal

Tahap yang pertama yang perlu anda lakukan yaitu membaca isi jurnal, bacalah isi jurnal sampai selesai berulang-ulang sampai anda mengerti isi jurnal atau bacaan yang penulis sampaikan.

Saat membaca jurnal tersebut, harus membawa alat bantu untuk memahami suatu kata yang belum kamu mengerti, itu sangatlah berguna ketika membaca naskah.

2. Menemukan Gagasan Utama

Setelah anda membaca berulang-ulang dan memahami jurnalnya, selanjutnya yaitu menemukan gagasan utama. Caranya dengan menemukan gagasan utama dengan mencari kalimat penting.

Baca Juga:  Membuat Jurnal Ilmiah yang Terindeks Scopus: Tips dan Trik Terbaik

Kalimat penting itu biasanya sudah merangkum beberapa gagasan utama dan anda bisa melakukannya dengan menulis ulang kalimat penting tersebut.

3. Menulis Resume Jurnal

Setelah menemukan gagasan utama, mulailah menulis resume jurnal. Kalimat yang kamu dapat dari gagasan utama tertulis sesuai dengan naskah. Perlu anda ingat bahwa dalam menulis resume jurnal tidak boleh menambahkan pendapat pribadi.

Nantinya akan mengakibatkan ketidaksesuaian antara pendapat pribadi dengan naskahnya. Jadi cukup tulis gagasan pokok dari kalimat yang sudah kamu baca saja. Untuk mempermudah pembaca, gunakan bahasa yang mudah dipahami.

4. Membaca Ulang Resume Jurnal

Setelah selesai menulis jurnal ilmiah, coba periksa kembali dengan membaca ulang resume yang sudah kamu buat tadi. Ini agar jika ada kesalahan dalam penulisan bisa langsung teratasi.

Cara periksanya seperti ini :

Periksa ejaan yang benar, periksa tanda baca, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan yang terakhir periksa ulang kesesuaian isi naskah asli dengan resume.

[su_youtube url=”https://www.youtube.com/watch?v=EVsNAMV-E6s”]

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai cara membuat resume jurnal ilmiah, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan seputar jurnal bisa hubungi kami disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan Kami

Order Layanan Cepat