Ada pertanyaan? Jangan Sungkan!
Cara Sukses dalam Indeksasi Jurnal Web of Science: Terapkan 6 Langkah Ini!

Cara Sukses dalam Indeksasi Jurnal Web of Science: Terapkan 6 Langkah Ini!

Web of Science (WoS) adalah salah satu bentuk indeksasi jurnal. Untuk berhasil terindeks di WoS, penulis harus memperhatikan beberapa faktor yang harus diterapkan selama proses penulisan dan pengiriman jurnal.

Menurut Dju-Lyn Chng, seorang konsultan regional dari Clarivate seperti yang dikutip dari Universitas Airlangga (Unair), berbagi tips sukses dalam indeksasi Jurnal WoS. Saat ini, terdapat lebih dari 34.000 database jurnal ilmiah yang ada dalam WoS.

Lebih dari 1.000 jurnal ilmiah telah dikirimkan kepada WoS oleh peneliti dengan harapan agar jurnal mereka terindeks di WoS. Sayangnya, banyak jurnal-jurnal tersebut yang gagal melewati proses evaluasi.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips agar jurnal ilmiah dapat terindeks di WoS. Yuk, simak!

Tips Sukses dalam Indeksasi Jurnal Ilmiah di WoS

1. Perhatikan Kriteria Khusus Jurnal

Menurut Lyn, tidak semua jurnal ilmiah yang dikirimkan berhasil terindeks di WoS. Namun, penulis harus memperhatikan kriteria khusus agar jurnal mereka dapat terindeks. Misalnya, jika jurnal yang ingin terindeks adalah jurnal ekonomi, maka penulisnya juga harus memiliki keahlian di bidang ekonomi.

“Pastikan editor jurnal ilmiah yang terlibat adalah ahli di bidangnya. Jika jurnal ilmiah tersebut berkaitan dengan ekonomi, maka editor jurnal juga harus merupakan ahli di bidang ekonomi. Begitu juga dengan bidang lainnya,” kata Lyn seperti yang dikutip dari laman Unair pada Sabtu (27/5/2023).

2. Fokus pada Kategori Bidang Tertentu

Selain memperhatikan keahlian penulis agar jurnal ilmiah terindeks di WoS, Lyn menyatakan bahwa setiap editor harus fokus pada kategori bidang tertentu dan memiliki pengetahuan tentang penerbitan jurnal di bidang tersebut.

Baca Juga:  Cara Membuat Tinjauan Pustaka untuk Penulisan Karya Ilmiah Bereputasi Internasional

“Data dan informasi yang disajikan dalam jurnal haruslah independen,” kata Lyn.

3. Memberikan Manfaat untuk Penelitian Lanjutan

Ketika mengirimkan jurnal ke WoS, jurnal tersebut akan melewati 29 proses pemeriksaan. Salah satu hal yang diperhatikan dalam proses ini adalah dampak dan manfaat penelitian yang dilakukan.

“Untuk berhasil terindeks di WoS, pastikan jurnal ilmiah tersebut memberikan manfaat, menjadi penelitian terbaru, atau memiliki dampak yang mendukung penelitian lanjutan,” ujar Lyn.

4. Periksa Kembali Tanggal Publikasi

Lyn juga menyarankan kepada penulis jurnal untuk memeriksa kembali tanggal publikasi jurnal ilmiah. Hal ini dikarenakan jurnal harus diterbitkan dalam tahun yang sama dengan tahun penulisan.

“Jika dikirimkan pada tahun 2023, maka jurnal ilmiahnya juga harus diterbitkan dalam tahun yang sama,” katanya.

5. Kurangi Jumlah Sitasi Internal

Menurut Lyn, penulis juga perlu mengurangi jumlah sitasi internal. Hal ini akan mempengaruhi penilaian akhir.

“Jurnal ilmiah dengan jumlah sitasi yang banyak memang memberikan nilai tambah. Namun, sitasi internal sebaiknya diminimalisir. Hal ini terdeteksi dalam sistem kami dan juga menjadi catatan,” ungkap Lyn.

6. Sertakan Informasi tentang Persetujuan Responden

Hal yang sering dilupakan oleh penulis lain, menurut Lyn, adalah memberikan informasi tentang proses persetujuan responden.

“Apapun bidangnya, baik sosial atau medis dan bidang lainnya, tetap harus ada proses persetujuan responden. Jika ada pendanaan tertentu, informasinya juga bisa disertakan dalam jurnal,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan Kami

Order Layanan Cepat