Ada pertanyaan? Jangan Sungkan!
6 Karya Ini Bisa Dijadikan Tugas Akhir Pengganti Skripsi, Apa Saja?

6 Karya Ini Bisa Dijadikan Tugas Akhir Pengganti Skripsi, Apa Saja?

Rifainstitute – Tugas akhir pengganti skripsi, skripsi adalah salah satu syarat untuk menyelesaikan studi di perguruan tinggi. Namun, tidak semua mahasiswa bisa atau mau membuat skripsi. Ada banyak alasan yang mungkin, seperti kesulitan menemukan topik, bimbingan, atau data, kurangnya minat atau motivasi, keterbatasan waktu atau biaya, dan sebagainya.

Tapi, jangan khawatir. Ada alternatif lain yang bisa Anda pilih sebagai tugas akhir pengganti skripsi. Beberapa perguruan tinggi menawarkan pilihan karya yang lebih praktis, kreatif, atau inovatif, yang sesuai dengan minat dan bakat Anda. Apa saja karya tersebut? Berikut adalah 6 contohnya:

1. Karya Tulis Ilmiah (KTI)

KTI adalah karya tulis yang bersifat ilmiah, yang berisi hasil penelitian, pengkajian, atau pengembangan suatu masalah atau fenomena.

KTI biasanya lebih singkat dan sederhana daripada skripsi, karena tidak memerlukan bab-bab seperti latar belakang, tinjauan pustaka, kerangka teori, atau metodologi. KTI hanya berfokus pada hasil dan pembahasan, serta kesimpulan dan saran.

KTI cocok untuk Anda yang suka menulis dan menganalisis, tetapi tidak ingin terlalu repot dengan proses penelitian yang panjang dan rumit.

Anda bisa memilih topik yang sesuai dengan bidang atau program studi Anda, atau yang relevan dengan isu-isu terkini. Anda juga bisa menggunakan data sekunder, seperti jurnal, buku, artikel, laporan, atau statistik, yang mudah ditemukan di internet atau perpustakaan.

2. Karya Seni

Karya seni adalah karya yang bersifat seni, yang berisi ekspresi, kreasi, atau inovasi dalam bentuk visual, audio, atau audiovisual.

Karya seni bisa berupa lukisan, gambar, foto, poster, desain grafis, film, video, animasi, musik, lagu, puisi, cerpen, drama, atau lainnya. Karya seni harus memiliki nilai estetika, artistik, dan orisinalitas, serta bermakna dan bermanfaat bagi masyarakat.

Baca Juga:  7 Jurnal Pendidikan Terindeks Scopus Versi Sinta

Karya seni cocok untuk Anda yang memiliki bakat atau hobi di bidang seni, dan ingin menunjukkan kemampuan atau karya Anda kepada dunia.

Anda bisa memilih media atau genre yang Anda kuasai, atau yang menantang Anda untuk bereksperimen. Anda juga bisa mengambil inspirasi dari pengalaman, emosi, imajinasi, atau budaya Anda sendiri atau orang lain.

3. Karya Teknologi

Karya teknologi adalah karya yang bersifat teknologi, yang berisi pengembangan, penerapan, atau modifikasi suatu produk, sistem, atau proses yang berbasis teknologi.

Karya teknologi bisa berupa aplikasi, software, hardware, robot, mesin, alat, prototipe, model, simulasi, atau lainnya. Karya teknologi harus memiliki nilai fungsional, praktis, dan inovatif, serta memberikan solusi atau manfaat bagi masalah atau kebutuhan masyarakat.

Karya teknologi cocok untuk Anda yang memiliki minat atau keahlian di bidang teknologi, dan ingin menciptakan atau memperbaiki sesuatu yang berhubungan dengan teknologi.

Anda bisa memilih platform atau perangkat yang Anda gunakan, atau yang sesuai dengan tujuan atau fungsi karya Anda. Anda juga bisa menggunakan sumber daya atau bahan yang tersedia, atau yang ramah lingkungan.

4. Karya Jurnalistik

Karya jurnalistik adalah karya yang bersifat jurnalistik, yang berisi penyajian, penyebaran, atau pengkritisan informasi yang aktual, faktual, dan objektif.

Karya jurnalistik bisa berupa berita, reportase, wawancara, liputan, artikel, opini, resensi, kritik, atau lainnya. Karya jurnalistik harus memiliki nilai informatif, edukatif, dan kritis, serta mengikuti prinsip-prinsip jurnalistik, seperti akurasi, kejujuran, keseimbangan, dan etika.

Karya jurnalistik cocok untuk Anda yang suka mencari dan menyampaikan informasi, serta memiliki sikap kritis dan peduli terhadap isu-isu sosial, politik, ekonomi, budaya, atau lainnya.

Anda bisa memilih media atau format yang Anda sukai, seperti cetak, online, radio, televisi, atau podcast. Anda juga bisa menggunakan sumber atau narasumber yang kredibel, seperti dokumen, data, ahli, saksi, atau korban.

Baca Juga:  Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Word dari Website, Buku, dan Jurnal

5. Karya Pengabdian Masyarakat

Karya pengabdian masyarakat adalah karya yang bersifat sosial, yang berisi pemberian, pemberdayaan, atau perbaikan kondisi atau kualitas hidup masyarakat.

Karya pengabdian masyarakat bisa berupa kegiatan, program, proyek, atau aksi yang melibatkan partisipasi, kerjasama, atau kemitraan dengan masyarakat. Karya pengabdian masyarakat harus memiliki nilai sosial, humanis, dan empati, serta memberikan dampak atau kontribusi positif bagi masyarakat.

Karya pengabdian masyarakat cocok untuk Anda yang memiliki jiwa sosial, dan ingin membantu atau melayani masyarakat yang membutuhkan.

Anda bisa memilih lokasi, sasaran, atau tema yang Anda minati, seperti pendidikan, kesehatan, lingkungan, ekonomi, budaya, atau lainnya. Anda juga bisa menggunakan metode atau strategi yang efektif, seperti sosialisasi, edukasi, fasilitasi, advokasi, atau konsultasi.

6. Karya Bisnis

Karya bisnis adalah karya yang bersifat bisnis, yang berisi pembuatan, pengelolaan, atau pengembangan suatu produk, jasa, atau usaha yang berorientasi pada pasar atau pelanggan.

Karya bisnis bisa berupa bisnis plan, proposal, analisis, evaluasi, rekomendasi, atau lainnya. Karya bisnis harus memiliki nilai komersial, profitabel, dan kompetitif, serta memenuhi kebutuhan atau keinginan pasar atau pelanggan.

Karya bisnis cocok untuk Anda yang memiliki jiwa bisnis, dan ingin memulai atau mengembangkan bisnis Anda sendiri.

Anda bisa memilih produk, jasa, atau usaha yang Anda tawarkan, atau yang sesuai dengan tren atau peluang pasar. Anda juga bisa menggunakan alat atau teknik yang bermanfaat, seperti riset pasar, analisis SWOT, strategi pemasaran, atau lainnya.

Itulah 6 karya yang bisa dijadikan tugas akhir pengganti skripsi. Anda bisa memilih salah satu atau lebih dari karya tersebut, sesuai dengan minat, bakat, atau keahlian Anda.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan dosen pembimbing atau koordinator tugas akhir Anda, untuk mengetahui persyaratan, prosedur, atau kriteria yang harus dipenuhi.

Baca Juga:  33 Topik dan Judul Skripsi Akuntansi dan Keuangan yang Menarik

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi Anda yang sedang mencari ide tugas akhir. Selamat mencoba dan semoga sukses! Rifainstitute
Jangan Lupa Ikuti Mereka di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan Kami

Order Layanan Cepat